SELAMAT DATANG DI BLOG MEDIA PEMBELAJARAN
0

RESENSI BUKU MEDIA PEMBELAJARAN



Tugas Individu
M.K : Multimedia Pembelajaran
  
RESENSI BUKU
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

 OLEH  
NUR ALAM MAHRUF
102514007
S1




TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

I.      IDENTITAS BUKU

1.    Judul buku                         : Teknologi pembelajaran
2.    Penulis buku                      : PT Remaja Rosdakarya
3.    Kota terbit                : Bandung
4.    Tahun terbit                        : 2011
5.    Jumlah halaman   : 222
6.    Harga buku             : Rp. 40000

II.    ISI BUKU
Buku ini mencoba untuk mengajak para pembaca dalam memaknai kembali hakikat multimedia ditinjau dari kondisi dan kebijakan pemerintah mengenai TIK dalam rangka membangun dunia pendidikan.Penggunaan TIK dalam pembelajaran sudah wajib untuk di pertimbangkan bagi guru, dalam buku ini memberikan tidak saja landasan teori tetapi juga contoh-contoh aplikasinya, ini merupakan suatu informasi yang sangat berguna. Dalam buku ini kita juga di ajak bagaiman membuat suatu program dari berbagai macam model pembelajaran.
Buku ini khusus ditujukan bagi para praktisi teknologi pembelajaran, mahasiswa, dosen dan pihak-pihak lain yang berminat pada teknologi pembelajaran sebagai disiplin ilmu dan berbagai aplikasinya.

Bab 1 Analisis Tren Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)
Dalam bab ini membahas bagaimana perkembangan, kebijakan, kedudukan, pemanfaatan serta kendala-kendala maupun solusi yang berkaitan dengan TIK  dalam pendidikan. Adapun ringkasanya sebagai berikut: Kementerian Negara riset dan teknologi memberikan arahan sector-sektor yang mana revolusi digital ( karena konvergensi telekomunikasi komputasi-multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang menggantikan (atau) setidaknya meningkatkan kemampuan “otak” manusia.
Penggunaan TIK merupakan salah satu factor penting yang memungkinkan kecepatan tranformasi ilmu pengetahuankepada peserta didik , generasi bangsa ini secara lebih luas. Sehingga TIK beerfungsi untuk memperkecil kesenjangan penguasaan teknologi mutakhir, khususnya dalam dunia pendidikan. Adapun kedudukan lain TIK dalam dunia pendidikan yaitu:
1.    Mempermudah kerja sama antara pakar dan mahasiswa, menghilngkan batasan ruang, jarak, dan waktu.
2.    Sharing information, sehingga hasil penelitian dapat digunakan bersama-sama dan mempercepat pengemangan ilmu pengetahuan.
3.    Virtual university, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang dapat di akses orang banyak.
E-learning sebagai solusipermasalahan pendidikan di Indonesia, E-learning pada hakikatnya adlah bentuk pembelajaran konvensional yang dituangkan dalam format digital dan disajikan melalui teknologi informasi. Keunggulan-keunggulan e-learning yang paling menonjol adalah efisiensinya dalam penggunaan ruang dan waktu.

Bab 2 Tinjauan Computer Mediated Communication (CMC) Dalam Pembelajaran Multimedia.
Pada bab 2 membahas pengunaan computer sebagai media baru dalam proses pembelajaran, adapun ringkasannya sebagai berikut: Konsep computer mediated communication (CMC) ini merupakan konsep baru dalam bidang komunikasi pembelajaran, khususnya dalam konteks pembelajaran. Konsep ini muncul sebagai hasil dari proses difusi inovasi dalam bidang teknologi komunikasi, terutama mengenai komunikasi melalui media baru. Jadi dapat ditarik benang merahnya bahwa yang dimaksud CMC adalah aplikasi hasil difusi inovasi teknologi komunikasi berupa computer yang dijadikan media dlam proses komunikasi.

Bab 3 Hahikat Multimedia Pembelajaran
Dalam bab ini membahas berbagai pemaknaan tentang multimedia serta analisis dan prosedur dari pembelejaran berbasis computer. Ringkasnya seperti berikut: Dalam konteks pembelajaran multimedia telah mampu memberikan berbagai cicri- dan prinsip sehingga sebuah pembelajaran dikatakan menggunakan multimedia, jika di dalamnya memiliki karakteristik sebagai berikut:
1.    Content representation
2.    Full color and high resolution
3.    Melalui media elektronik
4.    Tipe-tipe pembelajaran yang bervariasi
5.    Respon pembelajaran dan penguatan
6.    Mengembangkan prinsip self evaluation
7.    Dapat digunakan secara klasikal atau individual

Bab 4 teknik penulisan skrip
Dalam bab ini membahas bagaimana pembaca bisa memahami konsep dan karakteristik skrip dalam pembelajaran berbasis computer. Ringkasannya dlam bab ini sebagai berikut: skrip adalah sejumlah naskah perencanaan produksi program yang harus di siapkan  oleh perancang pembelajaran berbasis computer yang mencakup analisis kebutuhan program, hasil telaah konten Pembelajaran, Flow chart, story board, dan penetapan software pembangun model pembelajaran berbasis computer yang di maksud.
Krakteristik dari skrip tersebut yaitu:
1.    Informasi baru
2.    Bersifat konsep
3.    Luas dan dalam .
4.    Memerlukan control dan mastery learning
5.    Berhubungan antara bagian pokok meteri yang satu dan yang lain
6.    Memungkinkan dipelajari secara berulang
7.    Memiliki pola berfikir dan arah pembelajaran bercabang(branching)
8.    Membutuhkan control waktu dalam  setiap segmen materi atau mastery learning secara kesuluruhan
9.    Menekankan pada pengoptimalan pencapaian  aspek kognitif.

Bab 5 mengembangkan flow chart
Dalam bab ini mengajak kita untuk mengenal dasar-dasar flow chart untuk lebih jelasnya berikut ringkasannya:istilah flow chart lebih di kenal dengan istilah prosedur pembelajaran.

Bab 6 mengmbangkan story board
Dalam pembahasan ini menjelaskan apa itu story board, fungsinya berikut ringkasannya: story board merupakan penjabaran dari alur pembelajaran yang sudah di desain (flow chart) yang berisi iinformasi pembelajran dan prosedur serta petunjuk pembelajaran. Fungsi  story board yaitu:
1.    Sebagai media yang memebrikan penjelasan secara lengkap apa yang ada pada setiap alur di dalam flow chart
2.    Sebagai pedoman bagi programmer dan animator dalam merealisasikan rencana program ke dalam bentuk bahasa program dan animasi
3.    Sebagai pedoman bagi pengisi surara(narator) dan teknisi rekaman dalam merekam suara untuk kebutuhan naskah
4.    Sebagai dokumen tertulis. Apabila ada pihak yang menginginkan data tertulis (naskah) dari program yang sudah dibuat.
5.    Sebagai bahan dalam pembuatan manual book.

Bab 7 dan seterusnya hingga bab 11 membahas bagaimana membuat suatu model pembelajaran dengan sebuah program. Berikut beberapa model pembelajaran yang di buat yaiut:
1.    Model drills (bab 7)
2.    Model simulasi (bab 8)
3.    Model Tutorial (bab 9)
4.    Model Tutorial dengan Microsoft powerpoint dan audacity (bab 10)
5.    Model Games (bab 11)

Bab 12 Bonus: bagaiman menginstal XAMPP
Pada bab ini dalah sebuah bonus dari buku ini yang menjalaskan bagaiman cara menginstal sebuah apliksai XAMPP pada computer.

Kelebihan Buku
1.    Pada setiap BAB terdapat sebuah kompetensi yang dharapkan bias tercapai
2.    Pada akhir setiap terdapat sebuah refleksi
3.    Dilengkapi CD program dan tutorial

Kekurangan Buku
Perlu menambahkan glossary karena banyak istilah, singkatan baru yang dapat membingunkan pembaca

III.   KESIMPULAN
Buku ini bagus untuk di baca karena disamping memperoleh pengetahuan tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana berkreasi dengan TIK dalam praktik media pembelajaran sesuai dengan tuntutan pembelajaran di abad 21.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top
animasi blog