Tugas Individu
M.K : Multimedia Pembelajaran
RESENSI BUKU
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
OLEH
NUR ALAM MAHRUF
102514007
S1
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
I.
IDENTITAS BUKU
1. Judul buku :
Teknologi pembelajaran
2. Penulis buku :
PT Remaja Rosdakarya
3. Kota terbit :
Bandung
4. Tahun terbit :
2011
5. Jumlah halaman :
222
6. Harga buku :
Rp. 40000
II.
ISI BUKU
Buku ini mencoba untuk mengajak para pembaca dalam memaknai kembali
hakikat multimedia ditinjau dari kondisi dan kebijakan pemerintah mengenai TIK
dalam rangka membangun dunia pendidikan.Penggunaan TIK dalam pembelajaran sudah
wajib untuk di pertimbangkan bagi guru, dalam buku ini memberikan tidak saja
landasan teori tetapi juga contoh-contoh aplikasinya, ini merupakan suatu
informasi yang sangat berguna. Dalam buku ini kita juga di ajak bagaiman
membuat suatu program dari berbagai macam model pembelajaran.
Buku ini khusus ditujukan bagi para praktisi teknologi pembelajaran,
mahasiswa, dosen dan pihak-pihak lain yang berminat pada teknologi pembelajaran
sebagai disiplin ilmu dan berbagai aplikasinya.
Bab 1
Analisis Tren Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)
Dalam bab ini membahas bagaimana perkembangan, kebijakan, kedudukan, pemanfaatan
serta kendala-kendala maupun solusi yang berkaitan
dengan TIK dalam pendidikan. Adapun
ringkasanya sebagai berikut: Kementerian Negara riset dan teknologi memberikan
arahan sector-sektor yang mana revolusi digital ( karena konvergensi
telekomunikasi komputasi-multimedia terjadi melalui implementasi teknologi
digital) menciptakan mesin-mesin yang menggantikan (atau) setidaknya
meningkatkan kemampuan “otak” manusia.
Penggunaan TIK merupakan salah satu factor penting
yang memungkinkan kecepatan tranformasi ilmu pengetahuankepada peserta didik ,
generasi bangsa ini secara lebih luas. Sehingga TIK beerfungsi untuk memperkecil
kesenjangan penguasaan teknologi mutakhir, khususnya dalam dunia pendidikan.
Adapun kedudukan lain TIK dalam dunia pendidikan yaitu:
1. Mempermudah kerja sama antara pakar dan mahasiswa,
menghilngkan batasan ruang, jarak, dan waktu.
2. Sharing information, sehingga hasil penelitian
dapat digunakan bersama-sama dan mempercepat pengemangan ilmu pengetahuan.
3. Virtual university, yaitu dapat menyediakan
pendidikan yang dapat di akses orang banyak.
E-learning sebagai solusipermasalahan pendidikan di Indonesia,
E-learning pada hakikatnya adlah bentuk pembelajaran konvensional yang
dituangkan dalam format digital dan disajikan melalui teknologi informasi.
Keunggulan-keunggulan e-learning yang paling menonjol adalah efisiensinya dalam
penggunaan ruang dan waktu.
Bab 2 Tinjauan Computer Mediated
Communication (CMC) Dalam Pembelajaran Multimedia.
Pada bab 2 membahas pengunaan computer sebagai media baru dalam proses
pembelajaran, adapun ringkasannya sebagai berikut: Konsep computer mediated
communication (CMC) ini merupakan konsep baru dalam bidang komunikasi
pembelajaran, khususnya dalam konteks pembelajaran. Konsep ini muncul sebagai
hasil dari proses difusi inovasi dalam bidang teknologi komunikasi, terutama
mengenai komunikasi melalui media baru. Jadi dapat ditarik benang merahnya
bahwa yang dimaksud CMC adalah aplikasi hasil difusi inovasi teknologi
komunikasi berupa computer yang dijadikan media dlam proses komunikasi.
Bab 3 Hahikat Multimedia Pembelajaran
Dalam bab ini membahas berbagai pemaknaan tentang
multimedia serta analisis dan prosedur dari pembelejaran berbasis computer.
Ringkasnya seperti berikut: Dalam konteks pembelajaran multimedia telah mampu
memberikan berbagai cicri- dan prinsip sehingga sebuah pembelajaran dikatakan
menggunakan multimedia, jika di dalamnya memiliki karakteristik sebagai
berikut:
1. Content representation
2. Full color and high resolution
3. Melalui media elektronik
4. Tipe-tipe pembelajaran yang bervariasi
5. Respon pembelajaran dan penguatan
6. Mengembangkan prinsip self evaluation
7. Dapat digunakan secara klasikal atau individual
Bab 4 teknik penulisan skrip
Dalam bab ini membahas bagaimana pembaca bisa
memahami konsep dan karakteristik skrip dalam pembelajaran berbasis computer.
Ringkasannya dlam bab ini sebagai berikut: skrip adalah sejumlah naskah
perencanaan produksi program yang harus di siapkan oleh perancang pembelajaran berbasis computer
yang mencakup analisis kebutuhan program, hasil telaah konten Pembelajaran,
Flow chart, story board, dan penetapan software pembangun model pembelajaran
berbasis computer yang di maksud.
Krakteristik dari skrip tersebut yaitu:
1. Informasi baru
2. Bersifat konsep
3. Luas dan dalam .
4. Memerlukan control dan mastery learning
5. Berhubungan antara bagian pokok meteri yang satu
dan yang lain
6. Memungkinkan dipelajari secara berulang
7. Memiliki pola berfikir dan arah pembelajaran
bercabang(branching)
8. Membutuhkan control waktu dalam setiap segmen materi atau mastery learning
secara kesuluruhan
9. Menekankan pada pengoptimalan pencapaian aspek kognitif.
Bab 5 mengembangkan flow chart
Dalam bab ini mengajak kita untuk mengenal
dasar-dasar flow chart untuk lebih jelasnya berikut ringkasannya:istilah flow
chart lebih di kenal dengan istilah prosedur pembelajaran.
Bab 6 mengmbangkan story board
Dalam pembahasan ini menjelaskan apa itu story
board, fungsinya berikut ringkasannya: story board merupakan penjabaran dari
alur pembelajaran yang sudah di desain (flow chart) yang berisi iinformasi
pembelajran dan prosedur serta petunjuk pembelajaran. Fungsi story board yaitu:
1. Sebagai media yang memebrikan penjelasan secara
lengkap apa yang ada pada setiap alur di dalam flow chart
2. Sebagai pedoman bagi programmer dan animator dalam
merealisasikan rencana program ke dalam bentuk bahasa program dan animasi
3. Sebagai pedoman bagi pengisi surara(narator) dan
teknisi rekaman dalam merekam suara untuk kebutuhan naskah
4. Sebagai dokumen tertulis. Apabila ada pihak yang
menginginkan data tertulis (naskah) dari program yang sudah dibuat.
5. Sebagai bahan dalam pembuatan manual book.
Bab 7 dan seterusnya hingga bab 11 membahas
bagaimana membuat suatu model pembelajaran dengan sebuah program. Berikut
beberapa model pembelajaran yang di buat yaiut:
1. Model drills (bab 7)
2. Model simulasi (bab 8)
3. Model Tutorial (bab 9)
4. Model Tutorial dengan Microsoft powerpoint dan
audacity (bab 10)
5. Model Games (bab 11)
Bab 12 Bonus: bagaiman menginstal XAMPP
Pada bab ini dalah sebuah bonus dari buku ini yang
menjalaskan bagaiman cara menginstal sebuah apliksai XAMPP pada computer.
Kelebihan Buku
1. Pada setiap BAB terdapat sebuah kompetensi yang
dharapkan bias tercapai
2. Pada akhir setiap terdapat sebuah refleksi
3. Dilengkapi CD program dan tutorial
Kekurangan Buku
Perlu menambahkan glossary karena banyak istilah,
singkatan baru yang dapat membingunkan pembaca
III.
KESIMPULAN
Buku ini bagus untuk di baca karena disamping memperoleh pengetahuan
tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana berkreasi dengan
TIK dalam praktik media pembelajaran sesuai dengan tuntutan pembelajaran di
abad 21.
0 komentar:
Posting Komentar