Sebelum melangkah lebih jauh mengenai media pembelajaran, alangkah baiknya jika kita membahas menbahas lebih dulu.
Apa itu media pembelajran, Tujuan media pembelajaran serta Fungsi dari media pembelajran tersebut..?
Berikut defenisi, tujuan dan fungsinya..
Defenisi
Media Pembelajaran
Briggs media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya.
Brown mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran.
Tujuan
media pembelajaran
1.
Menurut
Gagne : Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
2.
Menurut
Briggs : Wahana fisik yang mengandung materi instruksional
3.
Menurut
Schramm : Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
Fungsi
Media Pembelajaran
1. Levie
& Lentz dalam
Azhar Arsyad mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media
visual, yaitu (a) fungsi atensi, (b) fungsi afektif, (c) fungsi kognitif, dan
(d) fungsi kompensatoris.
a. Fungsi atensi, yaitu menarik dan mengarahkan
perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan
makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b. Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari
tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c. Fungsi kognitif media visual dapat terlihat dari
temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar
memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang
terkandung dalam gambar.
d. Fungsi kompensatoris, yaitu media pembelajaran berfungsi
untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi
pelajaran yang disajikan dengan teks.
2. Menurut
Kemp & Dayton, media
pembelajaran dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media tersebut digunakan
untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu
memotivasi minat, menyajikan informasi, dan memberi instruksi. Fungsi motivasi
dapat direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan. Untuk tujuan informasi,
media pembelajaran dapat digunakan untuk penyajian informasi di hadapan
kelompok siswa. Media juga berfungsi untuk tujuan instruksi dimana informasi
yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak atau
mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat
tercapai.
3. Sadiman (1986), mengemukakan fungsi
media instruksional, meliputi: memberi rangsangan siswa dalam belajar,
mengarahkan perhatian atau kegiatan belajar, menyajikan contoh- contoh secara
nyata, menyajikan syarat eksternal, dan menimbulkan umpan balik siswa. Secara
umum dalam media instruksional, media mempunyai fungsi:
a. Fungsi pendidikan; yaitu media memberikan nilai
edukatif, baik dalam nuansa berfikir, merangsang motivasi, memberikan
rangsangan berfikir logis, sistematis, dan realistis.
b. Fungsi sosial; media memungkinkan terjadinya
sosialisasi dalam pendidikan, pengembangan sifat sosial, sikap mau bekerja sama
dan saling membantu.
c. Fungsi budaya; media dapat mengembangkan
kreativitas berkarya/ berbudaya individu.
d. Fungsi efisiensi; media memungkinkan dilakukannya
efisiensi, baik waktu, tenaga, dan biaya karena tidak semua materi pelajaran
dapat dipelajari melalui benda langsung, tetapi perlu alat pengganti dan
penyederhanaan.
e. Fungsi politis; pemanfaatan media secara tepat
dapat mengubah suatu kebijakan dalam pendidikan sehingga dapat menghemat tenaga
guru, keseragaman konsep keteraturan kegiatan dan konsistensi materi pelajaran.
Daftar Pustaka
1. Suyanto. 2010. Multimedia Alat Untuk
Meningkatkan Kemampuan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.
2. Widada. 2011. Multimedia Interaktif
Untuk Guru & Professional. Surabaya: Mitrapress.
3. Hujair & Sanaky. 2010. Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Alfa Media.
0 komentar:
Posting Komentar