SELAMAT DATANG DI BLOG MEDIA PEMBELAJARAN
0

Defenisi Media Pembelajaran

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai media pembelajaran, alangkah baiknya jika kita membahas menbahas lebih dulu.
Apa itu media pembelajran, Tujuan media pembelajaran serta Fungsi dari media pembelajran tersebut..?
Berikut defenisi, tujuan dan fungsinya.. 

Defenisi Media Pembelajaran
Latuheru, menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna 
Briggs media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. 
Brown  mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran.

Tujuan media pembelajaran
1.      Menurut Gagne : Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
2.      Menurut Briggs : Wahana fisik yang mengandung materi instruksional
3.      Menurut Schramm : Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
4.      Menurut Y. Miarso : Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa
Fungsi Media Pembelajaran
1.    Levie & Lentz dalam Azhar Arsyad mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu (a) fungsi atensi, (b) fungsi afektif, (c) fungsi kognitif, dan (d) fungsi kompensatoris.
a.    Fungsi atensi, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b.      Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
c.       Fungsi kognitif media visual dapat terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang terkandung dalam gambar.
d.   Fungsi kompensatoris, yaitu media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks.
2.    Menurut Kemp & Dayton, media pembelajaran dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media tersebut digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu memotivasi minat, menyajikan informasi, dan memberi instruksi. Fungsi motivasi dapat direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan. Untuk tujuan informasi, media pembelajaran dapat digunakan untuk penyajian informasi di hadapan kelompok siswa. Media juga berfungsi untuk tujuan instruksi dimana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat tercapai.
3.  Sadiman (1986), mengemukakan fungsi media instruksional, meliputi: memberi rangsangan siswa dalam belajar, mengarahkan perhatian atau kegiatan belajar, menyajikan contoh- contoh secara nyata, menyajikan syarat eksternal, dan menimbulkan umpan balik siswa. Secara umum dalam media instruksional, media mempunyai fungsi:
a.  Fungsi pendidikan; yaitu media memberikan nilai edukatif, baik dalam nuansa berfikir, merangsang motivasi, memberikan rangsangan berfikir logis, sistematis, dan realistis.
b.     Fungsi sosial; media memungkinkan terjadinya sosialisasi dalam pendidikan, pengembangan sifat sosial, sikap mau bekerja sama dan saling membantu.
c.       Fungsi budaya; media dapat mengembangkan kreativitas berkarya/ berbudaya individu.
d.  Fungsi efisiensi; media memungkinkan dilakukannya efisiensi, baik waktu, tenaga, dan biaya karena tidak semua materi pelajaran dapat dipelajari melalui benda langsung, tetapi perlu alat pengganti dan penyederhanaan.
e.  Fungsi politis; pemanfaatan media secara tepat dapat mengubah suatu kebijakan dalam pendidikan sehingga dapat menghemat tenaga guru, keseragaman konsep keteraturan kegiatan dan konsistensi materi pelajaran.


Daftar Pustaka
1.      Suyanto. 2010. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.
2.      Widada. 2011. Multimedia Interaktif Untuk Guru & Professional. Surabaya: Mitrapress.
3.      Hujair & Sanaky. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Alfa Media.





0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top
animasi blog